Launching BUMDesa Karya Putra Gadon

Oleh: Wawan Purwadi

jejakdesa.com – Sudah sepatutnya desa memajukan potensi lokal desa, guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian desa. Salah satu dasar itulah yang kemudian menjadi pemicu terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) gadon, Kecamatan Tambakboyo.

Launching kantor Badan Usaha Milik Desa Gadon dengan nama BUMDes Karya Putra, diresmikan hari, Kamis (16/01/2020). Dalam kesempatan itu, hadir pula pihak Pemerintah Kabupaten Tuban melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Dispemas), Camat Tambakboyo, Kepala Desa, maupun dari pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Tambakboyo dan Koramil Tambakboyo.

Kepala Desa (Kades) Gadon, Abdul Rozak mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap tamu yang hadir dalam launching BUMDes Karya Putra ini. Adanya BUMDes ini diharapkan bisa menampung dan memaksimalkan produk lokal, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desanya.

“Semua yang ada di BUMDes ini kami persembahkan kepada masyarakat desa gadon, agar potensi desa dapat dikelola melalui BUMDes. Semoga setelah ini dari pemerintah bisa memberikan arahan lebih untuk menunjang aspek lain, salah satunya pada penjualan produk lokal,” kata Kades Gadon dalam sambutannya.

Lebih lanjut, soal SDM yang ada di Gadon ini cukup melimpah. Ditambah lagi dengan Sumber Daya Alam (SDA), seperti hasil laut, aspek tani, beserta olahan hasil laut yang bisa dikemas dan dikerjakan, bahkan bisa dkirim ke berbagai daerah harapannya.

“Kepala Desa juga menyampaikan, akan mengembangkan desa wisata, yang nantinya akan dikelola oleh pemuda desa. Tujuan kami adalah, agar masyarakat desa Gadon mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” lengkapnya.

Sementata itu Camat Tambakboyo, Heri Subagiyo,SH,.MM membeberkan jika lanuching BUMDes di Gadon ini merupakan pertama kali di Kecamatan Tambakboyo. Dari total 18 desa yang memiliki BUMDes, baru 16 Desa, dan Gadon yang melaunching Kantor BUMDes sendiri, harapannya semoga desa yang lain menyusul.

“SDM yang ada, perajin produk lokal bisa dibuatkan Bimtek maupun pelatihan. Desa ini punya olahan Trasi, keripik Cumi, krupuk ikan, bisa dikembangkan lebih lagi,” tutur Camat.

Sedangkan upaya peningkatan nilai ekonomis produk yang ada dalam BUMDes, pihaknya juga mengaku siap untuk membantu serta memfasilitasi pemasarannya.

“Kita bisa promosikan keluar, nggak hanya di Kabupaten saja. Tapi bisa ke daerah, bahkan ke Nasional. Maka dari itu, kita butuh dukungan masyarakat setiap waktu,” jelasnya.

Selebihnya Camat berharap agar adanya BUMDes Karya Putra ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Gadon. ” Selamat untuk BUMDes Karya Putra Gadon, mudah-mudahan apa yang dicita-citakab bisa terwujud,” pungkasnya.

Camat baru Tambakboyo, Heri Subagiyo,SH,.MM usai pemotongan pita tanda dilaunchingnya kantor BUMDes Gadon, berpesan agar segenap masyarakat, pengurus BUMDes, juga Pemerintah Desa selalu bersinergi, mendukung satu sama lain.

Apalagi dalam persaingan global, harapannya pengembangan BUMDes untuk bisa punya akses ekspansi lebih lebar. Soal modal, bisa bekerjasama dengan pemdes melalui Dana Desa guna penyertaan modal.

“Semoga awal yang bagus ini, bisa terus dikembangkan kedepannya untuk lebih baik lagi,”. (Wan)

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas