Penyaluran BLT Dana Desa Perdana di Malang

MALANG – Pada penghujung bulan April tanggal 30 april; Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir telah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) perdana di Kabupaten Malang, dengan penerima bantuan berjumlah 54 orang miskin, sesuai kriteria. Malang ini adalah Kabupaten ke 9 se Jawa Timur yang telah melaksanakan penyaluran di bulan april, ujar Mohammad Yasin, selaku kepala dinas PMD Provensi Jatim.


Yang ikut hadir dalam rangka penyerahan secara simbolik BLT DD. Diantaranya, Suwadji, Kepala DPMD Kabupaten Malang. Andry Dewanto Ahmad selaku Koordinator Provinsi Jatim (KPW 4 ). Kemudian Acara itu juga diikuti melalui teleconference dengan Sekjen Kementerian Desa, Anwar Sanusi dan Ivanovick Agusta selaku Pusdatin Kemendesa.


“Saya berharap setelah Desa Pandanlandung melakukan pencairan di bulan april, semoga diikuti oleh desa-desa yang lain di Kabupaten Malang untuk melakukan penyaluran secepatnya,” ucap Yasin lebih lanjut.


Kemudian disambung oleh Anwar Sanusi, dia mengucapkan apresiasi pada desa Pandanlandung yang telah menyelesaikan seluruh proses untuk penyaluran BLT dari DD, dia berharap bahwa semoga bantuan BLT DD ini mudah-mudahan, dan betul–betul akan memberikan manfaat bagi penerimanya, terutama adalah untuk keluar dari persoalan ekonomi yang diakibatkan oleh wabah pendemi Covid19.


Lebih lanjut, Karena untuk bisa cair ini, dibutuhakn proses yang cukup pelik dan relatif dibutuhkan ketangguhan oleh seluruh relawan covid19 yang dipimpin kepala desa. kerena untuk bisa cair, yang harus dilakukan adalah pendataan. Sebab pendataan adalah sesuatu yang tidak mudah, meskipun sudah kita memberikan ruang untuk mendefinisikan siapa orang miskin yang berhak menerima manfaat bantuan itu, ujarnya Anwar Sanusi via teleconference.


“Kemudian, hasil proses data tersebut dikumpulkan mulai tingkat RT dan setalh itu dibawa kepada Musyawarah desa khsusus, yang agendanya melakukan validasi, menetapan menerima manfaat,” tegasnya.


Dalam acara penyerahan simbolik itu, Pemerintah Desa hanya menghadirkan 10 orang penerima bantuan, dengan penyerahan buku tabungan beserta ATM nya. Turut hadir pula pihak BNI Brawijaya, yang notabene berjarak dekat.
Sesuai intruksi Bapak Abdul Halim Iskandar, selaku Mentri Desa PDT dan Transmigrasi untuk penyaluran BLT DD bulan april ini harus sudah melakukan penyaluran. Instruksi itu terlaksana dengan baik, dengan adanya desa yang sudah melakukan penyaluran BLT DD untuk tahap I di bulan ini.


Dalam musim penyikapan pada wabah pandemi ini, setidaknya ada tiga kebijakan penting dari pemerintah pusat yang diamanahkan langsung oleh Kementrian Desa PDTT. Pertama, desa harus melakukan Padat Karya Tunai Desa. Kedua, percepatan Penanganan covid19. Dan yang ketiga, BLT DD.


Tiga kebijakan itu menjadi fokus desa-desa saat ini termasuk sebab Pandemi Covid19 yang telah ditetapkan sebagai bencana non-alam dengan munculnya Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) sebagai Bencana Nasional.
Acara yang dilaksanakan di pendopo Desa Pandanpandung tersebut juga disiarkan langsung melaluli Channel (ruang) edukasi Akademi Desa 4.0 Kemendesa PDTT. Hingga acara usai Pemerintah Desa, pegiat, dan pendamping desa tersmasuk Pendamping Ahli P3MD Kabupaten Malang sebagian masih berlanjut sharing dan ramah-tamah.
[Aas/win]

jejak Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top