Musrenbang Desa Karangpandan, Pemdes Harapkan Topeng Malangan Bangkit Lagi

PAKISAJI—Pemerintahan Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2022, Kamis (6/1/2022), pekan lalu.

Dalam Musrenbangdes itu juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan dan Pendamping Desa (PD) Kecamatan Pakisaji.

Dimulai pukul 9 pagi, Musrenbangdes tesebut mengevaluasi beberapa hal berkaitan dengan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) Desa Karangpandan di tahun 2022, dan mempersiapkan rencana prioritas pembangunan supra desa di tahun 2023.

Yang cukup mencuri perhatian peserta musyawarah adalah saat membahas Topeng Malangan.

Untuk diketahui, Topeng Malangan yang menyedot perhatian publik, baik dalam negeri hingga luar negeri, berlokasi di Dusun Kedung Monggo, Desa Karangpandan.

Tidak mengherankan jika dalam Musrenbang tersebut, Kepala Desa Karangpandan, Djumain, juga ingin memperhatikan lebih giat lagi terkait dengan Topeng Malangan yang telah menjadi ikon di Desanya.

“Kami juga sangat menginginkan topeng malangan ini tetap eksis dan berkembang lebih baik lagi. Namun kondisi pandemi kali ini, kami belum bisa maksimal untuk fokus di (red: pengembangan) topeng malangan ini. Masih ada tugas lain seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang menjadi prioritas kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Jumadi, salah seorang pegiat kebudayaan Pakisaji yang turut hadir, penuh harap agar Pemerintahan Desa Karangpandan bisa mengangkat kembali Topeng Malangan itu.
“Kami berharap topeng malangan ini mendapat perhatian, karena memiliki nilai budaya luhur yang perlu diturun-temurunkan kepada generasi selanjutnya,” jelasnya.

Karenanya, lanjut Jumadi, perlu juga adanya ruang terbuka atau semacam taman terbuka untuk melakukan pendidikan untuk anak-anak agar mengetahui sejarahnya.

Menengahi pembahasan yang cukup menyedot perhatian itu, PD Kecamatan Pakisaji, Edy, memberikan saran agar aktivitas untuk perkembangan Topeng Malangan tetap dilakukan.

“Kita boleh saja untuk mengajukan anggaran kepada Pemerintah Daerah untuk perkembangan topeng malangan, tapi kita juga bisa memulai dari hal-hal kecil dan berkelanjutan, yang jika diseriusi, juga akan menjadi hal yang luar biasa di kemudian hari,” tegas Koordinator TPP Kecamatan Pakisaji ini (*edt/w)

By: Tim Pendamping Desa Kec. Pakisaji

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas