Sutojayan Kembangkan Taman Edukasi Bersama Tim Membangun Desa Unmer Malang

PAKISAJI–Semilir angin sepoi berhembus. Taman Edukasi sedang berkegiatan. Belasan Ibu-ibu PKK Desa, beberapa pemuda Karangtaruna, dan beberapa kelompok terkait Desa Sutojayan, Kecamatan Pakisaki, duduk melingkar rapi. Mendengar pemaparan dari Tim Membangun Desa Universitas Merdeka (Unmer), Kota Malang.

Ya, itulah kegiatan pada Kamis, (20/1/2022) kali ini. Berlokasi di Taman Edukasi Desa Sutojayan, peserta antusias mengikuti arahan dari Tim Membangun Desa Unmer.

Hadir di tengah kegiatan itu, Hari Budiyanto, Dosen Jurusan Arsitektur Unmer bersama tim; Siti Rukhoiyah Kades Sutojayan bersama perangkat desa; dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Desa Kecamatan Pakisaji.

Dalam pemaparannya, Hari Budiyanto, menyampaikan bahwa Unmer memiliki program membangun desa. Karenanya, desa-desa terlebih khusus di Kabupaten Malang, menjadi prioritas kerjasama dalam program tersebut.

“Untuk desa Sutojayan sendiri, sebenarnya sudah lama kami ingin menjalin kerjasama program membangun desa ini. Yakni program taman edukasi. Dan alhamdulillah kali ini bisa terealisasi dan disambut dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Siti Rukhoiyah, sangat menyambut kerjasama untuk membangun bersama-sama taman edukasi ini.

Baginya, sudah lama impian untuk membangun taman edukasi atau taman wisata tersebut. Sebab, lahan yang sejak tahun 2019 baru dimulai penataan untuk membangun taman itu, dulunya sangat kumuh.

“Dulu di lahan ini, banyak sampah, bau tidak enak, dan sangat kumuh. Tapi, pelan-pelan lahan ini sudah berubah. Dan kami harap bisa lebih bermanfaat melalui program membangun desa dari Unmer ini,” jelasnya di hadapan peserta.

Untuk diketahui, taman edukasi di Desa Sutojayan, memiliki beberapa titik panorama. Diantaranya, kolam pembibitan ikan, ruang tanaman hidroponik, hiburan perahu mini, ayunan anak, dan berbagai tanaman yang menarik dipandang. (roy)

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas