Bakal Ikuti Kampung Berseri, Sahabat Relawan Lingkungan Desa Genengan Bergerak

MALANG (Pakisaji) ~ Kabar menggembirakan bagi warga Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji. Desa yang masuk kategori terpadat ketiga yang berada di sebelah timur Gunung Katu itu, bakal ikuti lomba Kampung bersih, sehat, dan asri (Berseri), tingkat Provinsi Jawa Timur, mewakili Kabupaten Malang.

Tak mengherankan jika dari hari ke hari, warga Desa Genengan memacu semangat gotong-royong, termasuk pemuda desa yang telah memiliki gerakan kesadaran lingkungan.

Nah, bersama warga, pemuda yang memiliki nama Sahabat Relawan Lingkungan itu, turut bergerak mendampingi bersama warga untuk menyambut baik amanah Pemerintah Kabupaten Malang tersebut.

Kali ini, Jumat (4/2/2022) bersama Pemerintah Desa, Genengan, BPD, Pemuda Karangtaruna, Ibu-ibu PKK Genengan, warga RW 06, dan warga RT 1, 2, 3, Sahabat Relawan Lingkungan mengikuti rapat.

Hadir beberapa tokoh Desa Genengan, Zaenal Arifin, Kades Genengan; Andoko, Sekretaris Desa Genengan; Alfan Mujarot, Sekretaris BPD Desa Genengan; Edy Wahyu Kurniawan, Korcam TPP Pakisaji; Jumariyanto, Ketua RW 6; Munif, Ketua RT 2; Irfa’uddin, Koordinator Sahabat Relawan Lingkungan; Roihan Rikza, PLD Pakisaji, dan beberapa tokoh lainnya.

Melalui sambutannya, Zaenal Arifin, Kades Genengan, menyampaikan, agar momen keikutsertaan dalam Lomba Kampung Berseri, menjadi semangat kegotong-royongan warga.

“Kita ada lomba ya tetap gotong-royong, guyub, dan rukun. Tidak ada lomba, ya tetap gotong-royong, ya guyub. Kerja Bakti dilingkungan kita ini, misalnya, sudah menjadi rutinitas. Nah, kali ini kita dipercaya, karna semangat semua itu. Mari kita bersama saling bahu membahu menyambut,” ujarnya.

Selain itu, Irfauddin, Koordinator Sahabat Relawan Lingkungan, mengungkapkan akan menggerakkan pemuda untuk mengikuti Lomba Berseri, sebagaimana prosedur yang telah ditetapkan.

Menurutnya, tidak cukup hanya meninjau bersihnya lingkungan Desa, tapi juga perlu mendokumentasikan semua bentuk kegiatan yang berkaitan dengan Lingkungan.

“Kami akan bergerak dan akan membuat tim kecil untuk bersama-sama menyemarakkan kegiatan ini. Kami juga akan menunjuk 5 pemuda untuk menjadi tim dokumentasi yang akan terus mengawal Lomba Kampung Berseri ini,” terangnya.

Sementara itu, Edy Wahyu Kurniawan, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Pakisaji, memotivasi warga agar tidak perlu menjadi orang lain untuk mengikuti Lomba Kampung Berseri ini.

Menurutnya, modal warga Desa Genengan yang telah tertanam bertahun-tahun, seperti modal sosial, kesadaran menjaga lingkungan, dan komitmen untuk selalu melestarikan alam, adalah sebuah prestasi yang tak ternilai.

“Karena faktor-faktor itulah, akhirnya Pemerintah Kabupaten Malang, menunjuk Desa Genengan untuk tampil di tingkat Provinsi Jawa Timur. Siap tidak siap, ya inilah kondisi kita. Harus bisa menularkan virus positif ini bagi desa-desa lainnya,” tuturnya. (roy)

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas