Desa Penanggungan Kec. Gunung Alip Kab. Tanggamus Optimis Wujudkan Desa Cerdas

Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah menunjuk 15 desa di Kabupaten Tanggamus yang terpilih dalam program Smart Village.

Salah satunya adalah Desa Penanggungan, Kecamatan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus. Langkah awal telah dimulai bersamaan dengan kunjungan Duta Digital Kabupaten Tanggamus yakni M. Abdurrouf Hanifuddin, M.Pd yang melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada pihak pemerintah desa (12/09/2022).

Kedatangan Duta Digital disambut baik oleh kepala desa Edi Febrianto beserta aparatur desa lainya. “Alhamdulillah, prinsipnya kami dari pemerintah desa akan mensuport secara penuh program ini, bila perlu 200 % demi kemajuan desa Penanggungan,” Ucap bapak Edi.

Program Desa Cerdas ini bertujuan agar terjadi transformasi pemanfaatan teknologi digital dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan melalui 6 pilar Desa Cerdas.

Adapun enam pilar Desa Cerdas yaitu masyarakat cerdas, ekonomi cerdas, tata kelola cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas dan mobilitas cerdas.
“Untuk mencapai 6 pilar desa cerdas tentu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari beragam pihak, terimakasih banyak atas dukungan kepala desa dan kader digital desa, karangtaruna dan berbagai pihak yang telah mendukung terwujudnya program Smart Village” sahut Abdur Rouf selaku Duta Digital.

Desa Cerdas, merupakan konsep yang diadopsi dari konsep Smart City. Tentu dengan dilakukan pelokalan pada komponen-komponen dan indikator-indokatornya, yang lebih cocok dengan konteks desa dan kalurahan. Desa Cerdas adalah Desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Oleh karenanya dibutuhkan edukasi pada masyarakat desa secara luas demi terwujudnya kemajuan dan kemaslahatan bersama.

Selain kepala desa Edi Febrianto, diskusi juga dihadiri Siti Nurhasanah Kader digital, Deden selaku pendamping desa, Sahrial selaku pendamping lokal desa dan aparatur desa Penanggungan, Kecamatan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus. [jejakdesa/tanggamus]

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas