Mengenal Desa Tasikharjo Dibawah Kepemimpinan Damuri

Oleh: Suwanto

jejakdesa.com – Mengenal lebih dekat Desa Tasikharjo Kecamatan Jenu dibawah kepemimpinan Damuri selaku Kepala Desa Tasikharjo. Siapa yang menyangka kalau sosok kepala desa yang sederhana itu kaya akan ide-ide cemerlang yang bisa menjadikan Desa Tasikharjo menjadi lebih baik. 

Potensi Desa Tasikharjo untuk menjadi desa maju sangatlah besar dibawah kepimpinan Damuri sapaan akrabnya. Selama menjabat kepala desa Tasikharjo selama 2 periode. Desa Tasikharjo sudah mempunyai beberapa capaian yang luar biasa seperti Wisata Religi, Gapoktan, Pamsimas, Batik Tasikharjo, dan Kebun Jeruk lemon yang hari ini sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan minuman di Kabupaten Malang. Salah satu potensi yang sudah berkembang hari ini adalah wisata religi, “Makam Syeh Subakir, dan Batik Tasikharjo,”. Batik Tasikharjo juga pernah di ikutkan festival batik di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Damuri menyampaikan pada jejakdesa.com, pada Rabu (02/09/20). Ia menyatakan bahwa, “Pembangunan Pamsimas di desa Tasikharjo dari biaya 30℅ di danai oleh uang pribadi Damuri selaku kades Tasikharjo,” tuturnya.

Damuri menjalankan pembangunan tersebut berikhtiar untuk mendorong masyarakat desa labih sejahtera.

Disisi lain demi tercapainya visi-misi Damuri sebagai Kades Tasikharjo. Selama 2 periode masa kepemimpinannya tidak pernah mengambil gajinya selama menjabat sebagai kepala desa. Ia menyebut bahwa gajinya selama ini untuk kegiatan sosial, diberikan kepada guru-guru TPQ yang ada diwilayah desa Tasikharjo, dan sisanya tersebut diberikan kepada Yayasan Syeh Subakir, santunan anak yatim, dan dhuafa.

Selain itu, selama kepemimpinan Damuri pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat sangat di permudah dan tidak jarang juga pemerintah desa menghantarkan langsung kerumah-rumah warga. Kades yang sudah menjabat 2 periode itu sangatlah berharap Desa Tasikharjo menjadi desa maju dengan segala potensi yang ada. 

Di masa jabatannya Damuri merasa terbantu dengan adanya Dana Desa (DD) program Kementrian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigran (Kementrian PDTT) tersebut. 

Damuri menyampaikan, “sejak adanya DD tersebut, infrastruktur desa bisa terwujud sampai keplosok-plosok dusun. Jalan-jalan gang kecil yang dulu tidak bisa terlewati kini sudah bisa dilewati dengan adanya DD,” tuturnya.

Lebih lanjut Damuri menyampaikan, “kedepan saya juga punya target anggaran pembangunan Alun-alun desa dan sport center di desa Tasikharjo. Harapan kedepan supaya masyarakat bisa merasakan dan menikmati hasil kepemimpinan saya selama menjabat Kades Tasikharjo. Selain itu harapan saya kedepan bisa memberikan peluang usaha untuk masyarakat sekitar,” tutup Damuri.

jejak Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top