Akselerasi Semangat SDGs Desa Melalui Gerakan Inovasi BUMDES

Jejakdesa.com – Dalam menghadapi masa pandemi ini bukan berarti akan menjadikan nalar dan inovasi kita juga ikut tiarap. Seperti aktifitas yang dilakukan unit Perdagangan BUMDES Sejahtera Lestari Desa Genengan sungguh menjadi solusi atas terpuruknya aktivitas perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Saat ini BUMDES Sejahtera Lestari Desa Genengan telah mengerjakan kebutuhan pengadaan Patok batas tanah untuk pelaksanaan program PTSL Pemerintah Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, kebutuhan atas pengadaan Patok ini cukup besar kisaran antara 9000 – 10.000 unit. Tentunya dalam penyediaanya diperlukan modal dan tenaga kerja yang cukup banyak pula.

Yang menarik disini adalah keberanian dan kecakapan pengurus BUMDES untuk mencoba keluar dari kotak kenyamanan guna membangun komunikasi dengan pemerintah desa lain yang mempunyai program dan mendapatkan hasil serta mampu menyediakan sumber ekonomi dan pendapatan masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19.

Tercatat ada tujuh warga yang sedang menganggur akhirnya mendapatkan pekerjaan, selain itu BUMDES Sejahtera Lestari Desa Genengan juga bisa menambah aset berupa alat kerja, mulai dari alat pemotong besi, gerinda dan Bor listrik, tentunya alat-alat tersebut juga akan bisa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain.

Kegiatan BUMDES Sejahtera Lestari Desa Genengan tentunya juga berjalan selaras dengan tujuan besar program SDGs yang salah satunya bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan dan menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat dan secara khusus BUMDES Desa Genengan Kecamatan Pakisaji juga selaras dengan SDGS Desa yang menjadi orientasi dari Kementrian desa dalam hal pengembangan basis ekonomi desa, seperti yang telah diamanatkan dalam SDGS Nomer 8 terkait Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Sudah saatnya BUMDES harus mulai berani berinovasi, Berani mencoba berjejaring dan membangun hubungan antar kelembagaan dalam hal pengembangan ekonomi masyarakat dan desa. (*)

Oleh: (Edy Wahyu, Pendamping Desa Pemberdayaan Pakisaji Malang)

jejak Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas