Eksotisme Pantai Semilir

Oleh: Suwanto

jejakdesa.com – Wisata Pantai Semilir Desa Socorejo Kecamatan Jenu kini mulai di minati oleh wisatawan. Banyak muda-mudi yang berselfi di pantai semilir tersebut. 

Rohmad Hidayat selaku Manager Bumdes Desa Socorejo menceritakan nama pantai semilir sendiri berawal dari bahasa guyonan dari para nelayan yang dulunya mencari tempat untuk berteduh. Bahasa semilir pun di maknai dari angin pantai semilir yang terkesan adem.

“Nama pantai semilir ini berawal dari guyonan para nelayan yang sering mencari angin di sini setelah mendarat. Sehingga karena di anggap adem maka para nelayan menamakan pantai semilir” ujarnya.

Karena belum ada anggaran maka sementara kita memanfaatkan barang-barang bekas untuk di jadikan tempat duduk dan ayunan untuk anak-anak.

Dengan melihat potensi laut yang tidak kalah dengan laut-laut yang lain maka Bumdes Socorejo memanfaatkan untuk pengembangan usaha di unit usaha Wisata. Dari sisi sejarah bahwa pantai semilir ini dulu adalah salah satu tempat pendaratan di masa penjajah. 

“Pantai semilir ini pantai yang lain dari pada yang lain mas, kalau di pantai-pantai yang lain kita hanya bisa melihat hamparan laut tapi kalau di pantai semilir kita bisa melihat sandaran kapal di pelabuhan” tambahnya

Kades Socorejo Zubas Arief Rahman Hakim menyampaikan yang pertama saya berikan apresiasi dan dukungan penuh kepada teman-teman pokdarwis, bapak Rohmad Mas Mahmudi dan semua teman-teman Karang Taruna yang sudah berupaya memajukan sektor pariwisata di desa Socorejo.

“Saya mengapresiasi dan dukungan penuh kepada Pokdarwis, Bumdes Socorejo, Mas Mahmudi dan teman-teman Karang Taruna desa socorejo” ujarnya.

Siti Fatimah Salah satu pengunjung dari rombongan Ibu-ibu muslimat NU Kecamatan Jenu menyatakan bahwa rombongan beliau sangat senang melihat keindahan pantai semilir di Socorejo.

Panorama pantai yang sangat indah dan masih terkesan alami ini sangat cocok untuk anak-anak muda berselfi. 

“Tadi ibu-ibu ini (Muslimat NU Jenu) ngajak acara disini mas (Pantai Semilir), ternyata memang indah mas tempatnya dan cocok buat anak-anak muda selfi”. Ungkapnya

“Harapan saya destinasi ini bisa dikelola secara serius, agar ke depan dapat memberikan dampak posotif bagi perekonomian masyarakat Socorejo dan menjadi alternatif tempat berlibur yang menarik di Tuban,” pungkasnya. (*)

jejak Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top