Resik Sendang, Wujud Syukur Masyarakat Desa Klutuk

Oleh: Ruslan

jejakdesa.com – Bukan orang jawa jika tidak memiliki banyak budaya. Seperti tasyakuran resek sendang/ mata air yang ada di Desa Klutuk Kecamatan Tambakboyo pada, Kamis (10/09/20).

Kegiatan tahunan ini dilakukan untuk menjaga tradisi leluhur desa setempat, selain itu juga untuk mengucapkan syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan sumber mata air melimpah. Sehingga setiap tahun masyarakat, dan lahan pertanian tidak kekurangan air sepanjang musim.

Menurut Kepala Desa Klutuk Sugiono, “kegiatan resek (bersihkan) sendang ini kita lakukan setiap tahun, tepatnya Bulan Muahrrom atau Sura hari Kamis Wage. Dengan tujuan selalu mengucap syukur atas nikmat Allah Swt, yang telah diberikan kepada warga masyarakat desa Klutuk. Selain itu juga untuk mempererat sikap gotong royong antar warga,” tutur Sugiono.

Lebih lanjut Sugiono menambahkan, “harapan kedepannya kegiatan ini selalu ada dan jangan sampai di hilangkan. Karena sebagai salah satu media pemersatu antar warga. Dengan demikian antar warga, memiliki sikap asah, asih dan asuh,” tutupya.

Acara tahunan tersebut juga mendapat banyak apresiasi dari masyarakat setempat. Tidak terkecuali dari Pendamping Lokal Desa.

“Dengan cara-cara kerja nyata seperti inilah pemerintah desa Klutuk akan mampu memiliki kekuatan utuh dalam meraih sebuah kemajuan desa,” tutup Ruslan. (*)

jejak Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top